Tanggal 9 juli 2012 merupakan hari Pertama MOS SMP Taman Dewasa Prigen dan SMA Taman Madya Prigen yang diadakan di Perguruan Tamansiswa Prigen. Dalam pelaksanaannya MOS (Masa Orientasi Siswa) di Perguruan Tamansiswa Prigen dilaksanakan dengan cara pendidikan, maksudnya dalam pelaksanaannya MOS yang diadakan di Perguruan Tamansiswa Prigen dititik beratkan pada kedisiplinan tapi secara mendidik, tak ada kekerasan tapi lebih pada pemahaman pada siswa – siswi untuk lebih meningkatkan kedisiplinan diri, dan supaya para siswanya nantinya bisa menjadi generasi penerus yang siap nantinya menjadi generasi terbaik bangsa. Karena kita tahu generasi sekarang ini lebih menyerap budaya barat  yang cenderung bebas daripada  budaya timur yang lebih mementingkan adat kesopanan.

Maka sebagai warisan dari para Pahlawan , Tamansiswa Prigen merasa mempunyai kewajiban untuk mengembalikan nilai positif budaya timur untuk diterapkan ke para siswa khususnya di Tamansiswa Prigen untuk menanggulangi gelombang budaya barat yang seperti menjajah budaya timur. Acara MOS di Perguruan Tamansiswa Prigen merupakan sarana awal dalam pendidikan siswa untuk menyiapkan mental para siswa dalam mengarungi pendidikan formal pada ajaran terbaru. Dalam pelaksanaan MOS , Perguruan Tamansiswa Prigen mengundang Kepolisaian untuk membantu pelaksanaan MOS. Tugas Kepolisian di Tamansiswa Prigen ini sebagai sumber informasi tentang Bahaya NARKOBA bagi siswa , karena kami menyadari bahwa NARKOBA  merupakan Bahaya yang samar yang bisa mengacam semua kalangan. Bahaya Narkoba bisa terjadi karena coba-coba, maka dianjurkan jangan pernah coba – coba masalah Narkoba. Disini juga dijelaskan akibat – akibat jika sudah terkena Narkoba yang lebih berdampak negatif daripada positifnya. Dan juga Kepolisian menjelaskan budaya barat seperti sex bebas, mabuk, dan contoh buruk lainnya yang bisa menghancurkan para siswa pada khususnya dan juga Negara.
Pada Hari selanjutnya Perguruan Tamansiswa Prigen mendatangkan DANRAMIL, tujuannya yaitu mendidik kedisiplinan dan bagaimana cara baris berbaris yang benar. Hal ini penting sekali untuk membentuk siswa yang berkualitas dan pada nantinya membentuk generasi muda yang potensial untuk bangsa dan negara. Karena di pandang penting maka Perguruan Tamansiswa Prigen melaksanakan hal ini dengan mendatangkan DANRAMIL yang merupakan salah satu Tonggak Pertahanan Bangsa (TNI) . Mereka ( DANRAMIL)  merupakan senior yang sudah di ajarkan masalah kedisplinan terlebih dahulu, jadi mereka merupakan salah satu guru masalah kedisiplinan.
Acara MOS di Perguruan Tamansiswa Prigen memang berbeda dengan MOS disekolah lain. Karena didalam MOS kita bentuk bukan hanya pengenalan siswa baru atau ajang seenaknya senior kepada junior , tapi lebih pada mempersiapkan siswa yang punya kediplinan, bertanggung jawab dan bermoral dalam mengarungi Tahun pendidikan terbaru.